Total Pengunjung

Senin, 15 November 2010

CARA MEMBANGUN PERADABAN YANG LEBIH BAIK

Hampir pasti setiap manusia ingin hidup di masa yang "beradab". Kerinduan yang sangat melekat di pribadi manusia. Menjadi pertanyaan yang sangat hakiki dan mendesak untuk dijawab: "Apakah yang dipahami dengan masa yang beradab?" atau pertanyaan lain: "Apakah yang menjadi ukuran yang beradab itu?".

Kerinduan yang sama juga mengisyaratkan sebuah ketakutan yang cukup beralasan pada diri manusia; ketakutan terhadap kekuatan-kekuatan yang membahayakan eksistensinya. Kecenderungan tak terelakkan itu merangsang munculnya pertanyaan yang tidak kalah pentingnya untuk dijawab: "Apakah benar bahwa peradaban itu bisa memproteksi manusia dari pelbagai ancaman terhadap eksistensinya?" Jika terhadap pertanyaan tersebut ditemukan jawaban bahwa memang benar peradaban bisa memproteksi manusia dari pelbagai ancaman eksistensinya maka adalah sangat penting untuk menemukan gagasan atau konsep yang paling tepat guna membangun peradaban yang dimaksud.

Pertanyaan terakhir yang jawabannya bisa digunakan untuk mengarahkan pencapaian tujuan itu adalah: "Bagaimana mengusahakan peradaban yang dapat diandalkan untuk membantu proteksi eksistensi manusia?"
Salah satu alternatif klasik yang sudah ditawarkan yaitu dengan pendidikan. Pertanyaan yang akan muncul sesudah penegasan itu: "Pendidikan seperti apakah yang bisa membantu pembangunan peradaban yang lebih maju?" Pertanyaan ini adalah pertanyaan esensial yang perlu untuk direfleksikan bersama. Diharapkan pertanyaan ini bisa merangsang kita semua yang hidup dalam peradaban hari ini mau berjuang untuk mengusahakan peradaban yang lebih maju dan layak untuk dihidupi oleh gerasi selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar